Kampung Cokelat Senara

Kampung Cokelat Senara

Posted on
Kampung Cokelat Senara
Diskusi dengan penggiat Kampung Cokelat Senara

Kampung Cokelat Senara adalah sebuah Dusun di Lombok utara dibawah wilayah administratif kecamatan Gangga, desa Genggelang. Dengan topografi wilayah perbukitan sehingga menjadikan daerah ini sangat bagus sebagai lahan perkebunan. Selain itu, daerah sekitar yang berdekatan merupakan penghasil produk pertanian seperti ; Kopi, cengkeh, durian, dan segala macam hasil perkebunan.

Kawasan wisata ini terbentuk berkat usaha dan inisiatif masyarakat setempat. Dimulai pada tahun 2017 sekelompok masyarakat atas dukungan dan bantuan pemerintah Lombok utara berkembang menjadi kawasan agro wisata. Hingga saat ini, Masyarakt setempat telah mampu mandiri dalam pengelolaan produk berbahan dasar cokelat dalam tahap produksi. Sehingga tak heran Kampung Cokelat Senara dikenal sebagai kawasan wisata edukasi agro wisata ketiga di Indonesia yang fokus mengolah cokelat.

Perjalanan menuju kawasan ini sangat mudah. menuju kearah timur, dari pusat kabupaten Lombok Utara perjalanan hanya memakan waktu sekitzr 30 menit saja. Luar biasanya, atas partisipasi masyarakat sendiri telah dibuka beberapa destinasi wisata yang harus menjadi catatan. destinasi wisata lain yang dimaksudkan adalah ;

Destinasi Wisata: Destinasi unik daerah Gangga

  1. Museum peninggalan Datu Gangga
  2. Wisata Air Terjun Tiu Pituq
  3. Rumah pohon Murmas desa Ganggelang
  4. Air Terjun Tiu Pupus
  5. Air Terjun Kerta Gangga

Promosi Kawasan Agro wisata

Kunjungan kali ini adalah mengajak masyarakat sekitar untuk membangun strategi untuk promosi kampung cokelat senara. Seperty yang kita pahami, pandemic covid 19 mempengaruhi sektor pariwisata. Sehingga, hampir semua destinasi wisata Lombok Utara khususnya tutup, karena sepi pengunjung. Meskipun demikian, promosi wisata harus tetap berjalan dan semakin agresif dilakukan.

Baca : Festival Budaya Gili Trawangan

Dari aspirasi dan diskusi yang dilakukan, maka BPPD Lombok Utara berkesimpulan bahwa dipandang perlu untuk melakukan program khusus untuk memperkenalkan kembali destinasi wisata dikawasan ini.

Ketua BPPD Lombok utara mengisyaratkan akan membuat sebuah program yang dilakukan dalam waktu dekat. Saat di konfirmasi kembali, Lalu Suratman menyampaikan bahwa kawasan wisata ini jika diperkenalkan lebih kuat lagi akan menjadi alternatif bagi pariwisata Lombok Utara. Sehingga, beberapa destinasi wisata yang belum terlalu dikenal selama ini akan lebih terekspos kembali.

BPPD Lombok Utara tengah mempersiapkan sebuah Event besar dikawasan ini. Adapun bentuk event yang akan dilaksanakan tentunya akan sesuai dengan nilai jual kawasan wisata tersebut. Diharapkan dengan terselenggaranya event tersebut akan sekaligus memperkenalkan beberapa destinasi wisata alam yang telah dibuat masyarakat setempat.

One thought on “Kampung Cokelat Senara

Leave a Reply

Your email address will not be published.