Destination : Gili Trawangan Island

Posted on

Tentang Pulau Gili Trawangan

Gili Trawangan Island is Party Island. Jika kamu pernah mendengar tentang Gili Trawangan, Apa yang muncul dari fikiranmu ?. Party Island……!, Gili Trawangan menjadi terkenal dengan julukan tersebut dengan jumlah kunjungan yang sangat besar wisatawan dari pelosok dunia. Kamu bahkan bisa menemui wisatawan yang berasal dari mana saja, bahkan Negara yang tidak kamu kenal sekalipun.

Gili Terawangan adalah pulau terbesar dari gugusan tiga pulau karang yang di singkat menjadi Gili Tramena. Dimana, letaknya paling jauh dari pulau utama Lombok, yang menghabiskan waktu selama 60 menit perjalanan dengan slow boat. 

Gili Terawangan mengalami lonjakan kunjungan cukup pesat, dimana fakta yang bisa ditunjukan bahwa hampir 5000 wisatawan yang datang setiap harinya. Sehingga kepadatan akan terasa di sepanjang pelabuhan Gili Trawangan.

Di tahun-tahun antara 2005 – 2012, daya tampung ketiga pulau ini tidak sepadan dengan minat wisatawan. akhirnya, kebanyakan wisatawan kembali ke Bali dan Lombok. Namun demikian, sebagian dari mereka ada yang bertahan dan mendirikan kemah darurat.

Tingginya permintaan kunjungan ke tiga pulau ini menjadi peluang baru. di ketahui, investasi di bidang jasa pariwisata meningkat ribuan kali lipat sejak tahun 2012. Investasi dalam jumlah besar di lakukan oleh pemodal asing sebesar 70 %, dan kebanyakan berkewarga-negaraan eropa.

Di ketahui, 785 penginapan berdiri tersebar di kawasan 3 Gili, sehingga semakin melengkapi fasilitas pariwisata di pulau ini. Selain itu juga, beberapa fasilitas penunjang pariwisata secara bersamaan melengkapinya.

Tak heran jika wisatawan yang berkunjung ke pulau ini di dominasi oleh wisatawan eropa.

Meningkatnya jumlah penginapan menjadi hal positif dan negatif bagi pulau ini. Sisi positifnya adalah semakin murahnya harga penginapan karena persaingan. Sedangkan sisi negatifnya adalah over capacity, di khawatirkan menimbulkan pencemaran lingkungan.

Beberapa upaya dilakukan oleh pemerintah bekerjasama dengan NGO, komunitas dan masyarakat di galakan. Sehingga akan menjaga keseimbangan dan  keindahan pulau tetap terjaga.

Baca : Suparman sang penanam oksigen

Night Life

Gili Trawangan Island

Sepanjang jalan suara musik saling bersahutan dari  genre musik reggae hingga popular hits yang diputar oleh bar-bar pinggir pantai. Malam hari, pulau ini berubah menjadi night club terbuka hingga sampai jam 12.00 malam. Jika Kamu belum puas, kamu bisa melanjutkan  mencari bar yang masih buka hingga jam 03.00 pagi. Hanya satu Bar yang diijinkan buka sampai jam 03.00 setiap harinya secara bergilir, kecuali  kamis malam.

Di malam hari, suasana begitu hidup dengan perayaan pesta dengan di iringi live musik dan DJ. Membayangkan suasana malam penuh pesta, dan di lakukan hampir setiap hari. Tentunya ini adalah daya pikat yang menjadikan Pulau Gili Trawangan semakin lekat dengan julukannya.

Kamu tidak perlu khawatir, jika merasa lapar larut malam. Beberapa mini market, warung kecil dan beberapa restauran buka 24 jam.

Pusat Kuliner

Makanan di Gili Trawangan Mahal ? Jawabannya tidak sampai anda membaca artikel ini. Pasar seni  menyediakan menu murah sesuai dengan budget kantong. Banyak pilihan menu yang di sajikan, tinggal memilih sesuai dengan selera kamu.

Selain itu, terdapat banyak warung-warung kecil buka jika kamu sedikit berusaha. Di area dalam pulau banyak di jumpai warung yang menyedikan menu dengan harga backpacker.

Berikut rekomendasi warung murah gili trawangan :

Warung Ibu Dewi.

Warung Sampoerna

Kegiatan menyenangkan

Gili Trawangan tidak hanya memanjakan dengan hedonnya suasana party.  Tetapi, keindahan alamnya membuat betah berlibur disini.  Siapkan kameramu karena banyak spot instragamable menunggu selfimu.

Ayunan ditengah laut adalah spot photo yang paling banyak dicari oleh wisatawan saat ini. Beberapa photo bahkan viral dengan mengambil latar belakang ayunan. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengambil pose terbaik, jika kamu berkunjung ke Gili Trawangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *