Promosi Lombok Utara

Promosi Lombok Utara

Posted on

Northlombok.or.id  – Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Lombok utara kembali mengambil langkah strategis untuk memulihkan pariwisata Lombok Utara. Tentunya, langkah ini akan melibatkan semua pihak disektor pariwisata. kita ketahui bahwa, semenjak pandemi Covid-19 semua sektor pariwisata mengalami penurunan hingga ketitik nadir. Bahkan, dilaporkan hampir semua hotel di Lombok utara telah merumahkan karyawannya.

Dampak paling luas sangat dirasakan oleh kawasan Gili Tramena (Gili Trawangan, Meno dan Air). Dimana, kawasan ini sangat menggantungkan pendapatan dari sektor pariwisata. 

Salah satu GM Hotel di Gili Trawangan, Ahmad, Spd mengatakan hingga saat ini kondisi masih sangat memprihatinkan. Hotel harus kuat bertahan untuk membayar beban usaha seperti listrik, Air, dan maintenance. Jika ini berlanjut hingga beberapa bulan kedepan maka dikhawatirkan perusahaan mungkin saja akan menghentikan operasional sepenuhnya. 

Dijelaskan oleh Ketua BPPD lombok utara Lalu Suratman dalam sebuah diskusi. Bahwa, tidak ada pernyataan resmi jika kawasan wisata ditutup. Berlaku saat ini adalah pengetatan mobilisasi masuk kawasan wisata. Sehingga hotel-hotel tetap diijinkan beroperasi dengan syarat menjalankan protokol Adaptasi Kebiasaan Baru atau Nurut Tatanan Baru yang di kampanyekan pemerintah provinsi NTB.

Seperti program sebelumnya mengenai Cleaneless, Health, Safety & Environment (CHSE). Setiap perusahaan diwajibkan untuk memiliki sertifikat CHSE, yang dimaksudkan untuk melihat kesiapan semua pihak untuk untuk menjalankan usaha sesuai protokol. Hingga saat ini telah 50 % telah teregistrasi online untuk mendapatkan sertifikat CHSE. 

Dengan hal tersebut juga akan memberi confidence bagi semua pihak untuk kembali bergerak mempromosikan wisata Lombok Utara umumnya. Sehingga BPPD-pun bisa melakukan promosi kembali dengan dasar bahwa wisata Lombok utara telah siap dan mampu menjalankan protokol Covid-19 dibidang pariwisata.

Langkah yang diambil oleh BPPD Lombok utara saat ini adalah mengajak mitra-mitranya untuk kembali melakukan promosi wisata. Saat ini hampir 1000 Travel Agent dalam negeri dan 100 Travel Agent Luar negeri menjadi Mitra BPPD. Sehingga diharapkan akan membantu pariwisata Lombok Utara dimasa pandemi ini. Selain itu, organisasi pariwisata yang telah bermitra seperti HPI, AKACINDO, ASITA, dan beberapa organisasi lainya, diminta ikut serta dalam program ini.

Program ini akan dilakukan di Bulan Agustus mendatang. Selanjutnya BPPD Lombok utara meminta peran serta semua pelaku usaha yang memiliki program promosi di bulan agustus untuk mengirimkan semua bentuk bahan promosi. 


Silahkan klik link dibawah untuk mengikuti program promosi wisata Lombok Utara dibawah :

Leave a Reply

Your email address will not be published.